Kunci Jawaban Soal TVRI SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Rabu 13 Mei 2020

Posted on

Sahabatdikbud.com –  Berikut admin berikan rangkuman kunci jawaban soal TVRI Untuk SD Rabu 13 Mei 2020. Kunci jawaban yang admin bagikan ini adalah untuk kelas 1,2,3,4,5,6 , jadi silahkan teman-teman lihat jawabannya di bawah ini yach…

Untuk siswa SD kelas 1-3 ada Sahabat Pelangi: Chandra Oh Chandra.

Adik-adik diminta untuk memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.

Soal Jawaban TVRI 13 Mei 2020 SD Kelas 1,2,3

Pertanyaan ; Mengapa Chandra Harus Membantu Orang Tuanya?

Jawaban : Tanggung Jawab & Integritas , Chandra diberi tugas oleh Mama untuk mengantarkan barang dagangan ke Om Yunus. Awalnya Chandra tidak mau, karena ia sudah punya janji dengan Sahabat-sahabatnya. Tapi Chandra akhirnya mau menuruti perintah Mama

Pertanyaan : Apa yang dapat kita lakukan jika teman mengalami kesulitan menemukan alamat seperti Chandra?

Jawaban :  Integritas & Solidaritas – Karena tidak tega membiarkan Chandra pergi sendiri ke tempat baru, maka Sahabat-sahabatnya menemani Chandra ke rumah Om Yunus. Sebuah petualangan baru memcari rumah melalui petunjuk peta.

Pertanyaan : Bagaimana cara menjaga amanah atau titipan yang diberikan kepada kita?

Jawaban : Kejujuran & Anti Korupsi – Chandra nekat membeli mainan baru dengan menggunakan uang titipan Om Yunus untuk Mama. Chandra berkata jujur bahwa sebagian uang sudah ia gunakan beli mainan. Tapi itu tidak baik. Chandra pun bertanggung jawab atas kesalahannya

Demikianlah Rangkuman Materi Soal Jawaban TVRI 13 Mei 2020 SD Kelas 1 2 3 yang bisa sahabatdikbud.com berikan pada hari ini.
Dari tayangan program belajar dirumah TVRI Rabu 13 Mei 2020 hari ini, siswa dapat mempelajari bagaimana cara menjaga amanah atau menjaga titipan yang diberikan orang lain kepada kita. Menjaga amanah berarti menjaga kepercayaan yang diberikan oleh orang lain agar berada dalam kondisi terbaik.

Disamping itu juga Siswa SD kelas 1 sampai 3 hari ini juga belajar mengapa harus membantu orang tua. Siswa jadi mengerti bahwa karena Orangtua lah yang telah memelihara serta mendidik dan merawat kita dari kecil hingga dewasa, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk berbakti dan menolong orang tua kita dan pada akhirnya siswa memiliki tanggungjawab dan bisa memiliki rasa empati untuk menolong sesama, menolong teman yang mengalami kesulitan, dan dapat memberikan bantuan kepada orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

Materi Tayangan Program Belajar Dirumah TVRI 13 Mei 2020 SD Kelas 4 5 6 hari ini adalah Mengenal Masyarakat Bugis Makassar.

Adapun tujuan Kompetensi literasi yang ingin dicapai dari pembelajaran hari ini yaitu Siswa dapat memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, siswa juga mampu mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut dan siswa bisa menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya masing-masing.
Setelah menyaksikan Tayangan materi Mengenal Masyarakat Bugis Makassar. Siswa akan menjawab tiga buah soal yang diberikan dari tayangan TVRI 13 Mei 2020 hari ini.

Soal Jawaban TVRI 13 Mei 2020 SD Kelas 4,5,6

1. Pertanyaan : Menurutmu, apa saja kehebatan orang Bugis Makassar pada masa lalu berdasarkan tayangan tadi?

Jawaban : Diaspora Bugis Makassar di Tanah Melayu dibuat oleh Asosiasi Tradisi Lisan merupakan penerima bantuan pemerintah fasilitasi Komunitas Kesejarahan oleh Direktorat Sejarah tahun 2017

2. Pertanyaan : Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu!

Jawaban : Membuat Perahu Pinisi – Wah jauh sekali yah orang-orang Bugis Makassar berlayar menyeberangi laut. Memang, pelaut Bugis sangat terkenal dalam mengarungi lautan. Mereka bahkan sampai ke Afrika! Seperti apa ya kapal orang Bugis ini? Mari kita lihat tayangan berikut mengenai perahu Pinisi, perahu orang Bugis!

3. Pertanyaan : Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu!

Jawaban :  Membuat Perahu Pinisi – Wah jauh sekali yah orang-orang Bugis Makassar berlayar menyeberangi laut. Memang, pelaut Bugis sangat terkenal dalam mengarungi lautan. Mereka bahkan sampai ke Afrika! Seperti apa ya kapal orang Bugis ini? Mari kita lihat tayangan berikut mengenai perahu Pinisi, perahu orang Bugis!

Cara Membuat Perahu Pinisi

  • Perahu Pinisi dibuat menggunakan kayu jati dan kayu mahoni
    Kayu Jati dan kayu Mahoni dikumpulkan setiap tanggal 5 dan tanggal 7 setiap bulannya ( tanggal 5 berarti rezeki yang sudah ada di tangan dan tanggal 7 berarti selalu mendapatkan rezeki )
  • Perahu Pinisi yang pertama kali dibuat adalah Badan Perahu Pinisi terlebih dahulu
  • Penggabungan kayu tidak menggunakan perekat lem maupun paku
  • Penggabungan kayu untuk menyatukan semua bagian Perahu Pinisi menggunakan Pasak kayu sisa pembuatan Perahu Pinisi
  • Kayu Pondasi bangunan Perahu Pinisi harus mengharap ke arah timur laut.
  • Digunakan 2 kayu Pondasi ( Lunas ) dalam pembuatan Perahu Pinisi
  • Pondasi bagian depan melambangkan laki-laki dan dilarung ke laut untuk penolak keburukan dan simbol kesiapan mencari nafkah
  • Pondasi bagian belakang melambangkan perempuan dan disimpan dirumah

4. Pertanyaan : Apa yang bisa kita teladani dari Bapak Muhammad Djafar, pembuat perahu Pinisi? Mengapa?

Jawaban : Muhammad Djafar is a “Panrita Lopi” (an expert of Pinisi) in Tanahberu, South Sulawesi. He has been dedicating for making Pinisi for almost 70 years. Ministry of Education and Culture awarded him in 2015 as a national heritage preserver

Demikianlah Rangkuman lengkap materi Soal Jawaban TVRI 13 Mei 2020 SD kelas 4 5 6 hari ini yang bisa sahabatdikbud.com berikan. Silahkan bagi orangtua murid SD kelas 4 5 6 untuk bisa digunakan agar bisa ikut memantau dan mengawasi hasil pekerjaan putra-putri nya setelah mereka menyaksikan tayangan Program Belajar dirumah TVRI 13 Mei 2020 hari ini. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *