Download Perangkat Pembelajaran K13 SD Semua Kelas Revisi Terbaru

Posted on

Perangkat Pembelajaran K13 SD merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap guru atau tenaga pendidik khususnya pada jenjang Sekolah Dasar yang dimana akan digunakan sebagai panduan dan pedoman dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien selama dalam proses belajar mengajar dalam sistem pembelajaran yang ditetapkan pemerintah yaitu sistem kurikulum 2013.

Perangkat pembelajaran pada umumnya memiliki variasi nama dan fungsi yang digunakan dalam keadaan dan situasi tertentu menurut kegunaannya masing – masing. Yaitu adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, Silabus, Program Semester atau Promes, Program Tahunan atau Prota, Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM, dan masih banyak lagi perangkat pembelajaran lainnya yang tentunya sangat berguna jika dimiliki oleh Bapak/Ibu guru sekalian.

Karena begitu pentingnya kepemilikian Perangkat Pembelajaran K13 SD ini maka kami berinisiatif untuk membagikan selengkap mungkin beberapa perangkat pembelajaran yang menurut kami merupakan inti dari beberapa perangkat pembelajaran yang ada. Maka dari itu sebelum Bapak/Ibu mengunduh perangkat pembelajaran K13 SD, alangkah baiknya Bapak/Ibu kami ingatkan kembali mengenai jenis dan fungsi dari perangkat pembelajaran k13 untuk jenjang sekolah dasar ini.

Jenis dan Fungsi Perangkat Pembelajaran K13 SD Revisi Terbaru

Rancangan Perangkat Pembelajaran

RPP K13 SD
RPP K13 SD

Rancangan Perangkat Pembelajaran atau biasa disingkat RPP merupakan salah satu instrumen pendidikan yang sangat penting mengingat metode – metode pembelajaran yang direncanakan secara matang yang bisa mempengaruhi daya tangkap dan keseriusan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar menjadi sangat menyenangkan.

Jika kita mengacu pada Permendikbud No 23 mengenai standar penilaian dan panduan penilaian versi terbaru, perangkat pembelajaran K13 revisi 2018 telah mengalami perubahan lagi diantaranya yaitu telah diintegrasikan dengan : 

· Literasi abad 21 

· 4 C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) 

· HOTS (Higher Order Thinking Skill) 

· Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Program Tahunan

PROTA K13 SD
PROTA K13 SD

Program tahunan atau biasa disingkat Prota yaitu salah satu dari beberapa komponen penting dalam perangkat pembelajaran, yang juga banyak disebut sebagai rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun pembelajaran dengan misi khusus mencapai KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar). Perlu juga kami sampaikan, bahwa Prota K13 SD ini mengacu pada buku guru Kurikulum 2013. Jika dilihat dari hal tersebut mengenai pentingnya bagi Bapak/Ibu untuk memiliki Prota k13 ini, kami membagikannya pada postingan kali ini demi suksesnya penyelenggaraan program belajar mengajar yang Bapak/Ibu terapkan.

Program Semester

Promes k13 SD
Promes k13 SD

Program semester (Promes) merupakan penjabaran dari program tahunan atau prota. Tahapan perancangan program semester, berisikan rangkuman pokok mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Manifestasi dari Proses penjabaran tersebut beberapa diantaranya yaitu Pokok dan sub pokok bahasan, alokasi waktu, alokasi pertemuan (KAPAN?) pokok dan sub-pokok bahasan tersebut akan disajikan. Promes itu sendiri merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama 19 minggu masa belajar mengajar atau terhitung 1 semester. Yang mana dalam 1 semester program tersebut mencangkup kegiatan interaksi tatap muka, praktikum, kerja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai produktif lainya yang merupakan komponen penentu untuk penilaian maupun portofolio pencapaian siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *