5 Ciri-Ciri Soal Yang Termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Posted on
5 Ciri-Ciri Soal Yang Termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Sebelum anda mengetahui 5 ciri-ciri Soal yang termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebaiknya anda mengetahui asal mula istilah HOTS. HOTS awalnya dikenal dari konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956) yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu Kognitif (keterampilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan).

Konsep Taksonomi untuk menentukan tujuan belajar ini dapat kita sebut sebagai tujuan akhir dari sebuah proses pembelajaran. Jadi, setelah proses pembelajaran tertentu, siswa diharapkan dapat mengadopsi keterampilan, pengetahuan, serta sikap yang baru.
HOTS sendiri merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan. Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, dkk. pada tahun 2001. Urutannya diubah menjadi enam, yaitu:1.Mengingat (remembering)2.Memahami (understanding)3.Mengaplikasikan (applying)4.Menganalisis (analyzing)5.Mengevaluasi (evaluating)6.Mencipta (creating)  

Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir logis, kritis, kreatif, dan problem solving secara mandiri. Berpikir logis adalah kemampuan bernalar, yaitu berpikir yang dapat diterima oleh akal sehat karena memenuhi kadiah berpikir ilmiah. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif-evaluatif. Orang yang kritis selalu menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk menganalisis hal-hal baru, misalnya dengan cara membandingkan atau mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya sehingga mampu menjustifikasi atau mengambil keputusan.

Sementara itu, berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan ide/gagasan yang baru atau berbeda. Dengan gagasan yang baru atau berbeda, seseorang akan mampu melakukan berbagai inovasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang dihadapinya.

Soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat direkomendasikan untuk digunakan pada berbagai bentuk penilaian kelas dan Ujian Sekolah.

5 Ciri-Ciri Soal Yang Termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS) Adalah Sebagai Berikut:

1.Transfer satu konsep ke konsep lainnya

2.Memproses dan menerapkan informasi
3.Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
4.Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
5.Menelaah ide dan informasi secara kritis
Demikian postingan terkait 5 Ciri-Ciri Soal Yang Termasuk Higher Order Thinking Skills  (HOTS) yang dapat admin bagikan, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *